Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid SMP Negeri 2

On 2016-10-05 Posted by Lina  |  Dikunjungi (169)  |  Comments (0)

Purwokerto-September 2016
SMP Negeri 2 memahami betul bahwa proses pendidikan tidak semata-mata bertujuan untuk mencerdaskan para peserta didik, lebih dari itu adalah membentuk mental dan karakter unggul bagi para peserta didik. Apalagi di era global seperti sekarang ini, maka pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan dimasa depan.
Dalam rangka memantapkan pendidikan karakter, SMP Negeri 2 Purwokerto mendirikan masjid dimana peletakan batu pertama dilukan oleh Bupati Banyumas tanggal 12 September 2016 atau 10 Dzulhijjah 1437 H bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Masjid yang akan diberi nama Al Qalam ini mendapat dana dari infak siswa, orang tua siswa dan para alumni. Sebelum peletakan batu pertama telah diawali dengan sholat ied bersama siswa, orang tua siswa, alumni dan masyarakat sekitar yang diselenggarakan pada pukul 8 yang kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama sebelum dilakukan penyembelihan hewan qurban berupa dua ekor sapi.
Penyembelihan hewan qurban secara rutin dilakukan oleh SMP Negeri 2 Purwokerto sebagai sarana praktek ibadah yang nyata bagi para peserta didik dan mengenang kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail dalam menjalankan perintah Alloh SWT. Besar harapan dari praktek nyata pelaksanaan ibadah qurban tersebut adalah bahwa teladan dari kisah nabi Ibrahim maupun nabi Ismail tersebut dapat dijadikan contoh bagi para peserta didik bagaimana teguhnya nabi Ibrahim dalam menggenggam keimanan meski dengan ujian yang sangat berat sekalipun. Demikian pula bagaimana keikhlasan seorang Ismail dalam menerima perintah Tuhan-Nya.
Namun tentunya praktek nyata ibadah qurban tersebut harus terus dibina dan dipupuk agar nilai - nilai luhur dari kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail tidak lekang oleh waktu. Hal mana diperlukan sebuah wadah untuk menunjang kegiatan berkelanjutan dari praktek ibadah bagi para peserta didik. Untuk itulah SMP Negeri 2 Purwokerto memandang perlu segera dilakukan pembangunan Masjid Al Qalam.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali