REORGANISASI PRAMUKA SMP NEGERI 2 PURWOKERTO

On 2016-12-02 Posted by Lina  |  Dikunjungi (179)  |  Comments (0)

Pada tanggal 5 – 6 november 2016 merupakan hari pelantikan dewan pramuka penggalang masa bakti 2016/2017. Pagi itu, mereka mendirikan tenda di Kidung Kampoengku yang beralamat di desa Karangnangka rt 01/ rw 01 kedung banteng. Tempat tersebut dipilih oleh pembina atas persetujuan para anggota pramuka. Mereka memilih tempat tersebut sebagai tempat pelaksanaan reorganisasi pramuka karena pramuka lebih cenderung berhubungan dengan alam dan tempat tersebut masih memiliki suasana yang alami, selain itu juga karena harga terjangkau tetapi fasilitasnya lengkap. Seperti pepatah bilang “sambil menyelam minum air”.
Kegiatan yang terjadwal mulai pukul 07.00 WIB ini dimulai dengan kegiatan mendirikan tenda, Uji Syarat Kecekapan Khusus (SKK) memasak, game kepramukaan, persiapan api unggun, dan pensi yang didalam kegiatan pensi tersebut dilakukannya pemilihan pratama putra dan putri dengan pemilihan secara langsung. Kegiatan tersebut berakhir pukul 22.00 WIB. Kemudian pada pukul 01.00 WIB dini hari, dilanjutkan dengan kegiatan renungan malam regu inti yang diisi oleh beberapa alumni dari SMP Negeri 2 Purwokerto.
Setelah resmi menjadi Dewan Pramuka Penggalang (DP), tentunya siswa tersebut mempunyai kewajiban yang sesuai dengan ketentuan – ketentuan yang telah berlaku. Seperti halnya membantu Pembina dalam melaksanakan ekstraurikuler Pramuka, wadah organisasi yang dibentuk oleh para pramuka dalam lingkup tertentu, biasanya dalam lingkup Gudep (Gugus depan). Maka dari itu, Dewan Pramuka Penggalang masa bakti 2016/2017 dipilih secara selektif. Karena tanggung jawab yang diampu harus dilaksanakan dengan sungguh – sungguh. Dalam pramuka, struktur organisasinya berbeda dengan organisasi yang lain. Biasanya pemimpin dalam sebuah organisasi disebut Ketua Umum, tetapi jika di pramuka pemimpin itu disebut Pratama (Pemimpin Regu Utama). Jika dalam organisasi lain, yang bertugas untuk administrasi dan kesekretariatan itu disebut Sekretaris, dalam pramuka dinamakan Kerani. Dalam organisasi lain orang yang bertugas untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran uang disebut bendahara, jika di pramuka disebut Juru Uang. Itulah yang membedakan antara organisasi Pramuka dengan organisasi lain. Dari hasil pemilihan, akhirnya yang terpilih menjadi Pratama Putra Ananda Tirta Kusuma (8H) sedangkan Pratama Putri Meutia Lintang Khoiryana (8G)
Pada hari kedua, diawali dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan kegiatan outbond kemudian diakhiri dengan upacara penutupan oleh Kak M.Djohar. Kondisi yang sangat mendukung, dengan cuaca yang segar membuat siswa semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan outbond ini sehingga mereka sangat senang dan gembira.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali