GURU MULIA KARENA KARYA

On 2016-12-08 Posted by AdminNv86  |  Dikunjungi (149)  |  Comments (2)


Usianya terbilang masih muda tetapi semangat beliau sungguh luar biasa. Beliau adalah Bapak Waryanto, S.Pd salah satu guru mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Purwokerto. Beliau baru saja mengikuti Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD). Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) 2016 yang dilaksanakan mulai tanggal 24 s/d 27 November.
Waryanto menuturkan, bahwa dirinya mengikuti acara tersebut awalnya karena mengetahui informasi mengenai acara tersebut dari temannya, dan akhirnya tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai peserta. Mendaftar menjadi peserta dalam acara tersebut tidaklah mudah, melainkan dengan beberapa tahap seleksi. Tahapan awal yaitu pendaftaran secara online dengan mengirimkan file karya ilmiah yang dibuat peserta. Tahap pertama diikuti oleh 3.382 peserta dan yang lolos untuk berangkat ke Jakarta hanya 200 peserta. Penetapan tersebut berdasarkan dari karya ilmiah yang dibuat peserta telah memenuhi syarat atau tidak yang diseleksi secara langsung oleh pihak KEMENDIKBUD.
“Waktu di Jakarta tepatnya di hotel Fave Cililitan, dimulailah tahap kedua (24 – 25 November) yaitu presentasi karya ilmiah 200 peserta di depan dewan juri,” kata Waryanto, saat ditemui di Perpustakaan SMP Negeri 2 Purwokerto, Selasa (06/12/2016).
Dari presentasi tersebut memasuki hari berikutnya tanggal 26 November, Waryanto, S.Pd diumumkan menjadi wakil dari Jawa Tengah yang masuk ke dalam 10 besar di Jakarta. Beliau memaparkan karya ilmiahnya yang berjudul “Pembelajaran Online Dengan Media Go Drive Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PPkn di SMP Negeri 2 Purwokerto”, di hadapan 1.000 audiens yang berasal dari berbagai orang yang pernah menjadi juara nasional yang diundang langsung oleh pihak KEMENDIKBUD, bertempat di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor.
Puncak acara berlangsung Minggu, 27 November 2016 yaitu pengumuman hasil juara 1 s/d 3 dan bertepatan dengan Hari Guru Nasional (HGN) yang dihadiri oleh bapak Presiden RI Joko Widodo. Tetapi beliau tidak masuk 3 besar. Meskipun demikian, tidak mematahkan semangat Pak Waryanto untuk selalu berproses dan berkarya lebih baik lagi. Hal tersebut ditunjukkan dengan sikap pantang menyerahnya beliau yang telah beberapa kali menjadi finalis di ajang perlombaan tingkat nasional dan pernah menjadi juara 3 guru berprestasi tingkat Kabupaten Banyumas pada tahun 2013.
“Di akhir acara, pihak KEMENDIKBUD membagikan doorprize berupa 50 unit laptop untuk peserta yang memperoleh undian, tetapi saya tidak beruntung,” tutup Waryanto, S.Pd.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali