SERUNYA OUTDOOR STUDY JAKARTA ? BANDUNG

On 2017-01-03 Posted by Novi  |  Dikunjungi (161)  |  Comments (0)


Tepatnya 06 Desember 2016, SMP Negeri 2 Purwokerto memberangkatkan para siswanya, khususnya kelas VIII untuk melakukan Outdoor Study. Awalnya, para siswa tersebut diberikan arahan dan pilihan lokasi tujuan Outdoor Study. Pilihan mereka jatuh di Jakarta dan Bandung. Tujuan lokasi dari Outdoor Study ini yaitu ; PP IPTEK, Museum Geologi, Museum KAA, serta lokasi untuk wisata yaitu MONAS, TMII, Keong Mas , dan Trans Studio Bandung.
Beberapa lokasi yang menarik adalah PP IPTEK, Museum Geologi dan Museum KAA. PP - IPTEK sendiri adalah sebagai sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Didalamnya terdapat beberapa alat peraga yang dapat disentuh, dipegang, dan dimainkan oleh pengunjung. Alat peraga tersebut, disiapkan untuk tingkat Taman Kanak Kanak s/d Sekolah Menengah Atas, dan di PP IPTEK juga disediakan lembar kerja sains yang akan memandu siswa/ pengunjung untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga yang menantang seperti sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
Sementara di Museum Geologi siswa dapat menyaksikan berbagai material geologi berbentuk batuan, fosil unik, ataupun mineral yang di temukan di wilayah Indonesia. Itulah yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Di museum ini juga menyimpan fosil manusia purba pertama di dunia, fosil dinosaurus yang super besar, hingga koleksi meteorit yang pernah jatuh di wilayah Indonesia. Dari situ, tentunya siswa jadi mengetahui berbagai macam bebatuan alam, fosil, mineral yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk siswa, karena dapat memberikan pemahaman siswa terhadap materi IPA & IPS dapat meningkat, siswa juga memiliki peluang untuk mengembangkan pengetahuan serta memiliki pengaruh positif terhadap memori jangka panjang. Di Museum KAA, siswa juga dapat mengetahui peninggalan peninggalan informasi yang berkaitan dengan KAA seperti latar belakang, perkembangan konferensi tersebut, sosial budaya, dan peran bangsa bangsa Asia Afrika khususnya bangsa Indonesia dalam kehidupan dunia.
Untuk menghilangkan penat,kegiatan ini diselingi dengan mengunjungi beberapa tempat wisata. Sehingga kegiatan tersebut, tidak membuat siswa bosan. Di tempat wisata, yang menurut siswa menarik dan sangat berkesan yaitu Trans Studio Bandung. Karena di tempat tersebut, mereka disuguhi berbagai wahana permainan yang menantang keberanian siswa. Semua siswa terlihat sangat menikmati kegiatan tersebut.
Dari kegiatan ini, di harapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa, dimana siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung dengan mengadakan tanya jawab dari pengelola, pemandu, dan pengunjung lain untuk melatih siswa belajar langsung dari sumbernya tidak tergantung pada keterangan guru dan buku, dan siswa juga dapat mengambil nilai nilai positif yang bisa dikembangkan ketika sudah kembali ke sekolah.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali