SMP NEGERI 2 PURWOKERTO LAKSANAKAN MANASIK HAJI 2017

On 2017-03-16 Posted by Novi  |  Dikunjungi (174)  |  Comments (0)


Sabtu, 4 maret 2017 sebanyak 241 siswa muslim kelas IX SMP N 2 Purwokerto melaksanakan manasik haji di sekitar lingkungan sekolah. Mereka mempraktikan rukun – rukun haji sebagai bagian dari outdoor study mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Kegiatan manasik haji tersebut dilaksanakan rutin setiap 1 tahun sekali oleh guru mapel PAI SMP Negeri 2 Purwokerto yang dilaksanakan dalam sehari. Dalam praktik rukun islam ke 5 tersebut, ditekankan kepada siswa agar pelaksanaan manasik haji hari itu sebagai pembelajaran untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya dalam mata pelajaran PAI.
“Dalam pelaksanaan latihan haji dibagi menjadi 2 yaitu teori yang terdiri dari perjalanan haji dan do’a – do’a dalam berhaji, kemudian manasik terdiri dari menginap di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah, Wukuf di Arafah, menginap di Musdzalifah malam tanggal 10 Dzulhijjah, melempar Jumroh Aqobah tanggal 10 Dzulhijjah, Tahallul awal, Thowaf, Sa’i, Tahallul Akhir, melempar Jumroh Uula, Sani, Wustho pada hari Tasyrik” ungkap Bpk Qoyum Abdullah selaku guru Mapel PAI Kelas IX.
Bpk Qoyum Abdullah juga mengatakan bahwa “Kegiatan manasik haji ini, didampingi beberapa guru dan melibatkan 11 orang dari KBIH (Kelompok Bimbingan Haji) sehingga pelaksanaannya dapat dilakukan secara terstruktur dan berjalan lancar”. Beliau juga berharap dalam pelaksanaan manasik haji tersebut para siswa bisa menghayati ibadah haji dan umroh sehingga muncul niat dalam hati mereka untuk dapat melaksanakannya suatu saat nanti.
Saat kagiatan berlangsung, siswa – siswi tampak antusias dalam melaksanakan manasik haji walaupun dengan cuaca yang panas. Nilai – nilai ibadah haji yang ditanamkan melalui kegiatan tersebut juga bisa membentengi para siswa dari kenakalan – kenakalan remaja melalui pengalaman terhadap hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kegiatan manasik haji ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan kembali kepada siswa tentang peristiwa nabi Ibrahim dan nabi Ismail yang dapat dijadikan suri tauladan atas sifat disiplin, bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan penuh dengan kesabaran.
Salah seorang siswi SMP N 2 Purwokerto Ananda Rahma Anjani, mengatakan kegiatan tersebut sangat baik sebagai pembelajaran sebelum melaksanakan haji yang sebenarnya. Ia mengaku mendapat pengetahuan tentang tata cara dan rukun haji. Ia juga berharap bisa berhaji suatu hari nanti.
Hal senada diungkapkan oleh Fayruz Ibrahim Adjitama siswa kelas IX C, ia mengaku sangat senang mengikuti manasik haji karena mendapatkan banyak ilmu dan bekal tentang pelaksanaan ibadah haji termasuk rukun – rukun pelaksanaan ibadah haji, dan selama manasik haji prosesnya tidak susah.
Melalui kegiatan ini diharapkan agar para siswa selalu mengingat Alloh SWT dan lebih mendekatkan diri pada – NYA sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.Amiin



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali