UJIAN PRAKTEK SISWA KELAS 9 SPENDHA 2017

On 2017-03-30 Posted by Novi  |  Dikunjungi (166)  |  Comments (0)


Rabu, 22 Maret 2017 SMP N 2 Purwokerto memulai kegiatan ujian praktek untuk siswa kelas 9. Kegiatan ujian praktik tersebut diadakan selama seminggu mulai tanggal 22 s.d 29 Maret 2017. Ujian praktek di SMP N 2 Purwokerto merupakan agenda rutin khususnya bagi kelas 9 yang dalam waktu dekat akan menyelesaikan studi akhirnya sebagai parameter uji kemampuan siswa dalam menyerap pembelajaran. Tujuan dari Ujian praktik yaitu untuk mengukur/menilai kemampuan siswa dalam menerima pelajaran selama kegiatan pembelajaran di sekolah, mengukur dan menilai capaian target kurikulum, untuk memenuhi salah satu syarat kriteria kelulusan, serta untuk menjadi umpan balik/ refleksi kegiatan KBM sehingga dapat memperbaiki kegiatan belajar mengajar secara metodologis maupun teknis bagi guru.
Mata pelajaran (Mapel) untuk ujian praktek antara lain IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Prakarya, Seni Budaya dan Pendidikan Agama Islam, serta Penjasorkes. Untuk mapel IPA, siswa melakukan praktikum tentang Pengukuran, Kemagnetan, Getaran, Bioteknologi dll yang telah disiapkan oleh guru. Mapel Bahasa Inggris, siswa menceritakan dongeng/fabel/legenda dengan menggunakan kosakata bahasa inggris yang baik dan benar serta memperagakan kisah yang diceritakan (story telling). Mapel Bahasa Indonesia siswa mempraktikan Pidato Persuasif dengan tema yang telah ditentukan oleh guru penguji. Prakarya siswa membuat olahan makanan dari bahan ikan dan daging menjadi makanan setengah jadi (bakso, kornet, dll) dan makanan jadi (gurame asam manis, opor ayam, dll), membuat minuman kesehatan, dan membuat produk kerajinan dari bahan limbah organik/anorganik. Mapel Seni Budaya siswa memainkan alat musik tradisional dan menari. Mapel PAI (bagi siswa muslim) siswa mempraktikan wudhu, sholat wajib, dzikir, hafalan surat dan (bagi non muslim) siswa membuat renungan, menyanyi pujian, dan doa syafaat. Sementara mapel Penjasorkes yang dipraktekkan yaitu renang, bola voly, dan bola basket.
Ujian praktek merupakan bagian integral dari kegiatan ujian nasional yang wajib diikuti oleh siswa kelas 9 dalam menyelesaikan tugas akhir dari rangkaian kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi penting karena siswa dapat dilihat diamati dan dievaluasi sejauh mana telah tercapainya standar kompetensi yang dicapai dalam jenjang sekolah tingkat SMP dan menjadi ukuran apakah pada keterampilan tersebut siswa sudah dianggap menguasai atau belum.
Dari serangkaian kegiatan ujian praktik yang telah dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas 9 SPENDHA, alhamdulillah tidak ada kendala dan semuanya berjalan dengan lancar. Diikuti oleh siswa kelas 9 dengan penuh keseriusan dan tertib. Semoga hasilnya memuaskan bagi siswa, guru dan sekolah.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali