TRAINING MOTIVASI KELAS 9 DALAM MENGHADAPI UNBK 2017

On 2017-04-03 Posted by Novi  |  Dikunjungi (173)  |  Comments (0)


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP yang akan digelar Mei mendatang tentunya membutuhkan persiapan yang sangat matang agar hasil yang diharapkan juga dapat tercapai dengan maksimal.
SMP N 2 Purwokerto merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap siswa agar sukses dalam prestasinya. Menjelang UNBK ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh guru untuk siswa kelas 9 yaitu mulai dari pembekalan materi pelajaran yang akan diujikan, mengadakan try out disekolah, dan yang tak kalah penting yaitu memberikan persiapan mental bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UNBK sangat mutlak dibutuhkan. Persiapan mental yang diberikan berupa motivasi training dan do’a bersama.
Kegiatan motivasi training dan do’a bersama dilaksanakan di aula SMP N 2 Purwokerto Sabtu, 1 April 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan mental siswa kelas 9 dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017.
Pada pukul 08.00 WIB kegiatan motivasi di buka oleh Drs.M.Djohar, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP N 2 Purwokerto.Acara selanjutnya diisi dengan materi mengenai cara sukses menempuh UNBK oleh Bapak Imam Suyanto S.Ag sebagai motivator bersama timnya yaitu Dra.Titi Baroroh, dan Dwi Astuti, S.Pd. dari SMA Muhammadiyah Purwokerto.
Bentuk kegiatan yang diberikan kepada 262 siswa kelas 9 SMP N 2 Purwokerto adalah training motivasi yang disampaikan oleh Bapak Imam Suyanto, S.Ag. Dalam motivasinya, beliau memberikan tips agar sukses menghadapi UNBK. Tampak dari seluruh siswa antusias mengikuti setiap pesan yang disampaikan oleh bapak Imam. Beliau mengajak seluruh siswa untuk bersungguh – sungguh dalam berdo’a kepada Alloh SWT agar dimudahkan dalam menghadapi UNBK. Serta jangan lupa untuk selalu meminta do’a kepada orang tua dan guru – guru. Karena sejatinya kesuksesan tidak lepas dari do’a orang tua. “Belajar saja tidak cukup. Perlu dibarengi dengan beribadah. Karena kesuksesan tidak tumbuh dengan sendirinya melainkan dengan niat & usaha” ujar Bpk Imam saat saya temui di ruang guru SMA Muhammadiyah Purwokerto.
“Sukses itu bukan hanya lulus SMP, bukan nilai yang baik, dan bukan pula bisa masuk SMA/SMK favorit.Tetapi hidup masa depan yang baik. Karena tugas manusia itu ada 5 yaitu : Selesaikan SMA, Kuliah ditempat favorit, Bekerja dengan baik, Berkeluarga dengan sakinah, Mati dengan khusnul khotimah,” lanjut Bapak Imam dalam motivasinya.
Setelah memberikan training motivasi siswa diajak untuk bermuhasabah dan berdo’a bersama agar dimudahkan dalam menghadapi UNBK. Pada sesi muhasabah ini siswa terlihat sangat menghayati dan merenungi setiap pesan yang disampaikan oleh Bpk Imam suyanto.Seluruh siswa terlihat menitikkan air matanya dan menangis dengan terisak merenungi.
“Mari kita ingat semua jasa – jasa orang tua yang telah menjaga dan menyayangi kita sejak kita dilahirkan hingga dalam keadaan sekarang. Tetapi kita seringkali banyak mengabaikan orang tua kita. Mungkin pada saat orang tua meminta tolong untuk suatu hal yang mudah saja kita menolaknya. Apa yang telah kita lakukan kepada orang tua kita? Renungkanlah? Sudah selayaknya kita persembahkan hasil yang terbaik untuk orang tua dan guru – guru kita,” seru Bpk Imam dalam muhasabahnya.
Salah satu siswa Atha Fadlil Nugraha (9D), mengaku agak tenang setelah mengikuti training motivasi dan do’a bersama ini. “Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengerjakan setiap soal UNBK agar memperoleh nilai yang memuaskan,” ujarnya.
“Selain belajar dan try out di sekolah, motivasi dan do’a bersama ini menjadikan saya mantap menghadapi UNBK,” lanjutnya.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali