TOURIST HUNTING SISWA KELAS 7 SPENDHA 2017

On 2017-04-20 Posted by Novi  |  Dikunjungi (204)  |  Comments (0)


Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang sangat penting karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan dalam bidang apapun. Terutama dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Pada kurikulum 2013 diterapkan belajar berbasis saintifik. Pembelajaran bukan difokuskan pada guru, namun siswa yang aktif dalam pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar (PBM). Jadi peran siswa yang paling dominan. PBM lebih cenderung aplikatif dan bukan hanya teori saja. Sebagai contoh pada speaking, siswa harus benar benar bisa mempraktikkan bagaimana cara berbicara yang benar. Statement (ucapan) merupakan hal yang menjadi kunci selain vocabulary (kosa kata). Untuk itu siswa harus berlatih secara mandiri supaya kemampuan dalam Bahasa Inggris menjadi lancar. Salah satu caranya adalah dengan terjun langsung berbicara dengan native speaker.
Untuk dapat mewujudkannya antara lain dengan mengunjungi objek wisata yang banyak terdapat wisatawan asing. Karena jika siswa berbicara langsung dengan native speaker, maka kemampuan mereka dapat teruji. Bagaimana mereka harus berbicara, bagaimana cara memulai pembicaraan, dan topik apa yang harus mereka bicarakan. Intinya agar mereka lancar dalam berbahasa Inggris.
Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi SMP N 2 Purwokerto, pada Kamis (13/04/2017) mengadakan kegiatan Hunting Tourist to Jogjakarta (Berburu Turis ke Jogjakarta). Kegiatan yang dipandu oleh 3 guru Bahasa Inggris dan 20 guru pendamping ini diikuti oleh 271 siswa siswi kelas 7. Kegiatan ini merupakan pembelajaran di luar kelas (outing class) sebagai implementasi dari kurikulum 2013. Kegiatan ini bertujuan agar siswa siswi aktif berkomunikasi Bahasa Inggris dengan native speaker. Selain itu tujuan yang lain yaitu untuk Meningkatkan minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris, Melatih kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris terutama dalam aspek speaking, Memperoleh informasi tentang budaya asing, Meningkatkan rasa percaya diri, dan Memotivasi siswa untuk survive.
Lokasi yang menjadi kunjungan para siswa dalam kegiatan hunting tourist ini antara lain yaitu : Keraton, Candi Prambanan, RM. Omah Ledok Kalasan, dan Malioboro. Di Keraton siswa tidak terlalu banyak mendapatkan wisatawan asing untuk diwawancarai. Lokasi selanjutnya yaitu candi prambanan, disana siswa mendapatkan banyak wisatawan asing yang dapat diwawancarai. Disini berbagai wisatawan asing seperti dari tiongkok, Rusia, Jerman, Belanda banyak dijumpai.
Dalam kegiatan ini para siswa diwajibkan membuat laporan dalam Bahasa Inggris. Tugas ini dilakukan secara kelompok dengan anggota 4 siswa yang sudah ditentukan oleh guru pembimbing. Tugas tiap kelompok yaitu membuat teks deskriptif dari wisatawan asing yang ditemui. Satu kelompok minimal mencari 5 wisatawan asing untuk diwawancarai. Mereka harus dapat mengajak berbicara para wisatawan asing. Mereka harus membuat pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh para wisatawan asing. Tema pembicaraan tidak harus yang berat, karena mereka masih pada tingkat SMP. Yang harus mereka tanyakan kepada para wisatawan asing adalah nama, asal negara, berapa lama tinggal di Indonesia, makanan favorit apa yang disukai, serta pendapatnya tentang Indonesia. Kemudian mereka harus mendokumentasikan hasil wawancara secara tertulis dengan meminta komentar dari wisatawan mancanegara tersebut yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas. Disamping itu dokumentasi juga berupa foto maupun video.
Kegiatan ini berjalan dengan baik dan menarik. Hal ini dibuktikan dengan antusias siswa dalam mencari wisatawan asing yang kemudian mencatat hasil wawancara dan dilaporkan kepada guru pembimbing. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mengasah kemampuan bahasa siswa, khususnya Bahasa Inggris, dengan harapan Bahasa Inggris menjadi bahasa yang digemari dan tidak menakutkan bagi siswa khususnya siswa SMP N 2 Purwokerto, untuk mewujudkan pelajar yang berkemajuan, dan berwawasan internasional.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali