PERINGATAN HARI KARTINI DI SPENDHA 2017

On 2017-04-28 Posted by Novi  |  Dikunjungi (173)  |  Comments (1)


Dalam rangka mengenang perjuangan R.A Kartini sekaligus mewariskan nilai – nilai luhur yang telah dirintisnya kepada para generasi muda khususnya kaum perempuan, SMP N 2 Purwokerto melaksanakan peringatan Hari Kartini 2017. Acara peringatan Hari Kartini diperingati dengan upacara bendera hari Jum’at, 21 April 2017 di lapangan upacara SMP N 2 Purwokerto.
Upacara peringatan Hari Kartini diikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru beserta karyawan SMP N 2 Purwokerto. Acara peringatan Hari R.A Kartini juga diisi dengan lomba memasak nasi goremg yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8.
Uniknya pada peringatan Hari R.A Kartini tahun 2017 ini yaitu seluruh petugas upacara merupakan perwakilan ibu – ibu guru SMP N 2 Purwokerto, mulai dari pembawa acara, pembina upacara, pemimpin upacara, pleton, pembaca sejarah singkat R.A.Kartini, pembaca UUD, hingga yang membacakan do’a. Selain itu juga seluruh peserta upacara perempuan memakai baju kebaya, sementara peserta laki – laki memakai baju batik. Khusus untuk bapak / ibu guru dan karyawan memakai pakaian adat Banyumasan.
Yang berbeda lagi dari upacara peringatan Hari R.A. Kartini kali ini petugas grup paduan suara SMP N 2 Purwokerto digantikan oleh grup Marching Band dari SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto sehingga upacara dirasakan sangat sakral dan meriah.
Dalam amanatnya, Bu Budi sebagai pembina upacara menyampaikan “Sosok R.A Kartini sebagai pejuang perempuan, dimana dalam perjuangannya memberikan kesadaran kepada kaum perempuan untuk mengecap dunia pendidikan yang pada saat ini hasil pemikirannya telah membuat perempuan turut andil dalam berbagai profesi, terutama bidang pemerintahan”.
“Berbagai prestasi telah dihasilkan kaum perempuan di bidang pemerintahan, baik dari segi kepemimpinan maupun program kerja, dan semua itu tidak terlepas dari pemikiran R.A. Kartini,” lanjutnya.
Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta perempuan agar selalu berjuang dalam mencari ilmu setinggi – tingginya. “Mencari ilmu itu tidak ada batasan usia, ataupun gender. Kita kaum perempuan sama derajatnya dengan laki – laki jadi tuntutlah ilmu setinggi – tingginya”, tutupnya.
Pada akhir sebelum upacara dibubarkan seluruh peserta menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini yang dipimpin oleh bu restu sebagai dirigen. Semua peserta upacara, menyanyikannya dengan penuh suka cita dan sangat antusias.
Keseluruhan kegiatan upacara peringatan Hari Kartini 2017 berjalan dengan lancar. Walaupun para petugas upacara hanya melaksanakan latihan dua kali, tetapi para ibu – ibu telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.



KOMENTAR :


Tuliskan komentar anda :

Alamat E-mail

Komentar

 

kembali